Jumat, 25 Maret 2016

Tema Hari Hutan Internasional 2016 : Hutan dan Air

loading...
Perayaan internasional dari hari Hutan Dunia pada tahun in mengusung tema hutan dan air. Dengan menyediakan sebuah wadah untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya semua tipe hutan dan pohon yang berada di luar hutan.
Hutan menutupi satu pertiga dari daratan di bumi dengan memiliki fungsi yang vital di seluruh dunia. Sekitar 1,6 miliyar penduduk, termasuk lebih dari 2.000 makhluk hidup yang bergantung pada hutan.



Hutan adalah tempat yang menyimpan keanekaragaman hayati terbanyak,dengan lebih dari 80 persen spesies hewan darat , tumbuhan dan serangga. Hutan juga menyediakan tempat tinggal, mata pencaharian dan keamanan bagi masyarakat yang hidupnya bergantung pada hutan.
Namun semua hal yang berharga dari hutan secara ekologis, ekonomi, sosial dan manfaat kesehatan menjadi tidak berharga mengingat penggundulan hutan terus terjadi dengan 13 juta hektar hutan dihancurkan setiap tahunnya. Jumlah penggundulan hutan menyebabkan peningkatan gas emisi rumah kaca sebesar 12 hingga 20 yang membantu perubahan iklim.
Setiap tahun International Day of Forest dirayakan dengan bagaimana hutan dan pohon dapat dipertahankan dan melindungi kita semua. Tahun ini PBB ingin meningkatkan kesadarn bagaimana hutan yang menjadi kunci dalam pemasok air tawar dunia yang sangat penting untuk kehidupan.
Tahukah Anda ?
> Hutan dan lahan basah menyediakan 75 persen akses dunia terhadap air tawar.
> Sekitar satu dari tiga kota terbesar di dunia mendapatkan proposi air minum signifikan dari wilayah hutan lindung.
> Meningkatkan manajemen sumber air dapat meningkatkan keuntungan ekonomi yang cukup besar.
> Hutan bertindak sebagai filter air alami.
> Perubahan iklim mengubah peran hutan dalam arus air dan ketersediaan sumber daya air.
> Hutan memiliki peran penting dalam membangun dan memperkuat ketahanan.
(Nisrina Darnila/www.un.org)

Tidak ada komentar:
Write komentar

Silahkan tinggalkan komentar sobat dengan menggunakan opsi Name/URL. Mohon jangan komentar SPAM ya..! Komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.
Blog ini blog DOFOLLOW